Teknologi

Punya Potensi Besar, Kominfo Siapkan Perlindungan Ekosistem Game Nasional

Admin — Asumsi.co

featured image
Antara/BANG Ideas Indonesia

Kementerian Komunikasi dan Informatika berupaya mempercepat industri game nasional sekaligus melindungi ekosistemnya. Salah satunya dengan mengadakan Indonesia Game Developer Exchange 2021.

“Kami berharap IGDX dengan kekuatan mentoring dan bussiness mixed making-nya dapat menjadi menjadi akselerator meningkatkan kualitas produk dan bisnis serta mendorong terwujudnya sinergitas dan kolaborasi antara berbagai pihak,” kata Direktur Jenderal Aplikasi Informatika, Semuel A. Pangerapan saat penutupan secara virtual IGDX 2021, dari Kuta, Bali, Minggu (21/11/2021) dikutip dari siaran pers.

Punya Potensi besar: Kominfo melihat potensi besar perkembangan ekosistem game nasional karena jumlah pengguna internet di Indonesia saat ini mencapai 202,6 juta orang atau setara dengan 73 persen dari populasi. Tercatat pula terdapat 52 juta penduduk Indonesia yang merupakan gamer.

Riset New Zoo tahun 2020, menunjukkan nilai ekonomi game Indonesia mencapai US$1,7 miliar. Hanya saja, game lokal baru bisa menyerap US$8 juta atau baru sekitar 0,4 persen industri lokal yang berkecimpung di pasar game Indonesia.

Penataan konten game: Pemerintah selama ini berusaha menciptakan ekosistem teknologi dan inovasi supaya industri game nasional berkembang dan menjadi tuan rumah di dalam negeri. Penataan konten game yang masuk ke Indonesia antara lain diatur melalui Peraturan Menteri Kominfo Nomor 11 Tahun 2016 soal klasifikasi permainan interaktif elektronik atau Indonesia Game Rating System.

Menurut Semuel, regulasi ini sedang dalam proses revisi supaya semua game yang masuk ke Indonesia wajib mengikuti Peraturan Menteri tersebut.

Dorong eksoistem digital: Selain menyiapkan aturan, Kominfo juga memiliki program untuk mendorong membangun ekosistem digital, yaitu melalui pengembangan talenta digital pada Gerakan Nasional Literasi Digital, Digital Talent Scholarship dan Sekolah Pintar.

Sementara untuk perusahaan rintisan, kementerian memberikan pelatihan pada program Gerakan Nasional 1000 Startup, Startup Studio dan HUB.ID. Khusus tentang game, Kominfo menyiapkan program IGDX, berkolaborasi dengan Asosiasi Game Indonesia, Indigo Game Telkom dan Garena Indonesia.

Perkembangan game lokal: Lewat pelaksanaan IGDX 2021, lebih dari 40 pengembang game lokal bertemu dengan lebih dari 100 pelaku industri game melalui platform meet to match virtual. Kominfo menilai kombinasi antara lanskap digital dan potensi sumber cerita lokal itu akan dapat menjadi faktor yang bisa dikembangkan untuk meningkatkan lagi potensi ekonomi digital game lokal.

Beberapa game lokal yang mengambil inspirasi dari budaya lokal antara lain Dreadout yang mengambil cerita hantu khas Indonesia. Lalu Battle of Satria Dewa yang baru dirilis, game dengan cerita tokoh heroik Indonesia.

Baca Juga:

Share: Punya Potensi Besar, Kominfo Siapkan Perlindungan Ekosistem Game Nasional