Isu Terkini

27 Juni Libur Nasional, Ini Dia 4 Kegiatan yang Bisa Kalian Lakukan Setelah Nyoblos

OlehWinda Chairunisyah Suryani

featured image

Presiden Joko Widodo udah setuju dan udah menandatangani Keputusan Presiden yang mengatur bahwa hari Rabu, 27 Juni 2018 merupakan hari libur nasional. Hal ini karena akan digelarnya pemungutan suara di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2018.

"Keppres soal libur nasional tanggal 27 Juni sudah ditandatangani Presiden," kata Staf Khusus Presiden bidang Komunikasi Johan Budi Saptopribowo, Senin, 25 Juni 2018.

Seperti yang udah diketahui bersama, kalau pada Pilkada Serentak 2018 kali ini bakalan ada 171 daerah yang berkesempatan memilih calon kepala daerahnya sendiri. Setidaknya, ada 17 provinsi, 39 kota, dan 115 kabupaten yang akan menyelenggarakan Pilkada 2018.

Kalau menurut Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam) Wiranto, alasan libur nasional saat Pilkada Serentak 2018 itu karena persoalan mobilisasi massa. Tapi, yang jelas, apapun alasannya, tentu yang namanya libur pasti bikin semua orang kegirangan. Meskipun, ada juga sih yang kebingungan, harus ngapain ya saat libur nanti? Apa lagi prosesi nyoblos enggak akan memakan waktu seharian. Terus, abis nyoblos enaknya kalian ngapain?

1. Beres-Beres Rumah

Karena libur nasionalnya cuma satu hari, ada baiknya kalian mengisi kekosongan hari dengan bersihin dan rapihin rumah. Misalnya nih, mengatur ulang tata letak barang di rumah. Kegiatan itu bisa bikin suasana baru di dalam rumah kita, meskipun barang yang ada di dalamnya sama aja, tapi kalau tata letaknya diubah dengan posisi yang lebih rapi, pasti bikin suasananya jadi lebih fresh.

Mindahin posisi barang-barang di rumah bisa juga sekaligus bersih-bersihin debu yang sulit dijangkau, misalnya di kolong kasur atau di sela-sela lemari dan dinding yang jarang banget kita bersihin. Lemari juga bisa sekaligus kita periksa-periksa isinya.

Buat pakaian yang udah enggak dipakai karena udah enggak muat atau memang udah enggak disukai lagi, bisa dipisahkan ke tempat berbeda. Kalau ada waktu lebih, baju-baju hasil eliminasi itu bisa kalian berikan kepada orang-orang yang lebih membutuhkan, atau bisa juga kalian jual.

2. Olahraga

Buat kalian yang suka males olahraga karena alasan enggak ada waktu atau susah bagi waktu dengan jam kerja atau jam sekolah, nah saat libur nasional nanti enggak bisa alasan begitu lagi ya. Karena kalian punya waktu longgar yang lebih banyak dari biasanya.

Kalau masalah olahraga, durasinya enggak perlu lama-lama kok. Jadi, kalau yang emang punya berat badan normal, olahraga selama 30 udah cukup. Buat yang mau ngontrol berat badan bisa juga melakukan olahraga selama 60 menit, dan buat yang pengen nurunin berat badan, olahraganya lebih lama, yaitu sekitar 90 menit.

Tapi, kalian enggak dianjurkan olahraga terlalu lama, lho guys. Karena, olahraga yang dilakukan terlalu lama justru dapat bisa menimbulkan dampak yang negatif bagi kesehatan tubuh. Olahraga terlalu lama bisa menyebabkan overtraining alias kelelahan yang berkepanjangan, cedera otot dan sendi, kehilangan motivasi, mudah marah, dan bikin kualitas tidur jadi buruk. Lebih jauh, overtraining juga bisa menyebabkan berkurangnya nafsu makan, mengubah fungsi kekebalan tubuh dan hormon, serta dapat bisa nurunin kepadatan tulang.

3. Halal Bihalal Sama Teman

Tanggal 27 Juni masih minggu kedua setelah hari raya Idulfitri, jadi buat kalian yang belum punya kesempatan halal bihalal dengan teman-teman, nah libur nasional ini bisa jadi momen yang tepat banget, nih.

Karena biasanya saat libur lebaran kemarin fokus mendatangi rumah sanak saudara, nah setelah nyoblos nanti kalian bisa tuh meet up sama temen-temen.

4. Rapihin Rencana

Kalau kegiatan di atas terlalu melelahkan buat kalian, libur nasional juga bisa dijadikan hari istirahat yang berkualitas. Gimana sih caranya istirahat yang berkualitas? Sambil tidur-tiduran manja, atau sambil nonton hasil quick count alias perhitungan cepat, kalian juga bisa bikin perencanaan ke depan.

Bisa dengan mulai nge-listing, apa-apa saja capaian yang ingin kalian gapai di kemudian hari. Atau, kalian juga bisa list, barang apa aja yang ingin kalian beli untuk keperluan jangan panjang. Selain itu, bisa bikin list juga, hal apa aja yang perlu di diubah dari kehidupan yang udah kalian jalanin saat ini.

Share: 27 Juni Libur Nasional, Ini Dia 4 Kegiatan yang Bisa Kalian Lakukan Setelah Nyoblos