Isu Terkini

3 Kado yang Cocok Diberikan Untuk HUT Jakarta yang ke-491

OlehWinda Chairunisyah Suryani

featured image

Selamat ulang tahun, Jakarta!

Guys, kalian tau enggak sih bahwa penetapan hari jadi Jakarta itu merujuk pada penetapan yang dikeluarkan oleh Sudiro, Wali kota Jakarta periode 1953-1958? Jadi pada masa kolonial, Belanda memperingati hari jadi Kota Batavia tiap akhir Mei. Hal itu dikarenakan pada Mei 1619, Gubernur Jenderal Jan Pieterszoon Coen berhasil menaklukkan Jayakarta.

Makanya itu, Sudiro sadar tentang perlunya memiliki tanggal sendiri ulang tahun kota Jakarta, biar beda dengan Batavia. Kemudian, ia memanggil sejumlah ahli sejarah, seperti Mr. Mohamad Yamin dan Mr. Dr. Sukanto, dan wartawan senior Sudarjo Tjokrosiswoyo untuk meneliti lebih jauh terkait kapan Jakarta didirikan oleh Fathahillah.

Kala itu, Sudiro berkeyakinan bahwa tahunnya adalah pasti, yaitu 1527. yang menjadi pertanyaan adalah hari, tanggal, dan bulan lahirnya Kota Jakarta. Lalu, Mr. Dr. Sukanto menyerahkan naskah berjudul Dari Jayakarta ke Jakarta. Dia menduga bahwa 22 Juni 1527 adalah hari yang paling dekat pada kenyataan dibangunnya Kota Jayakarta oleh Fatahillah.

Nah, naskah itu akhirnya diserahkan oleh Sudiro kepada Dewan Perwakilan Kota Sementara untuk dibahas, yang kemudian langsung disidangkan dan ditetapkan bahwa 22 Juni 1527 sebagai berdirinya Kota Jakarta.

Nah, di tahun 2018 ini, berarti Jakarta udah berumur 491. Lalu, apa nih yang bisa kita kasih sebagai kado untuk Jakarta?

1. Kurangi dan Kelola Sampah Dengan Baik

Sebagai kota yang dikenal dengan banjir, ada baiknya kita melakukan hal yang paling sederhana dulu aja deh buat Jakarta. Yaitu, jangan buang sampah sembarangan! Apalagi buang sampah ke kali, sungai, atau laut.

Tapi, sebenernya enggak cuma itu aja yang bisa kita lakuin buat mengatasi masalah sampah di Jakarta ini. Kita juga bisa kok, mengurangi sampah khususnya sampah plastik. Caranya, rajin-rajinlah bawa tas yang bisa dipakai buat belanja, jadi sampah plastik bisa berkurang. Selain itu, kurangi jajan-jajan, bawa aja bekel  dari rumah. Selain lebih sehat dan lebih hemat, langkah bawa bekel juga bisa bantu mengurungi sampah di Jakarta.

Selain itu, kita juga perlu guys, mengelola sampah lebih cerdas. Apalagi, Jakarta udah beli tempat sampah dengan harga yang enggak bisa dibilang murah. Makanya, di hari ulang tahun Jakarta, yuk mulai sadar dan saling menyadari masalah sampah!

2. Perbanyak Berjalan Kaki

Masalah Jakarta satu lagi yang paling khas, yaitu macet. Sekedar informasi, nih, kalau kata Syahrial Loetan, Direktur Eksekutif Perhimpunan Studi Pengembangan Wilayah bilang kalau ada sebanyak 18 juta kendaraan bermotor yang beredar di jalanan Jakarta. Nah, dengan jumlah sebanyak itu, jika seluruhnya secara berbarengan turun ke jalan maka akan menciptakan kemacetan total.

Oleh sebab itu, guys, rajin-rajinlah berjalan kaki. Hal ini sebenarnya juga enggak cuma untuk warga Kota Jakarta aja, tapi juga warga Indonesia.

Kalian udah tau belum, kalau ada peneliti di Universitas Stanford yang pakai data menit per menit dari 700.000 orang yang menggunakan Argus--aplikasi pemantau aktivitas--pada telepon seluler mereka, dan yap! Hasilnya penduduk paling malas sedunia adalah orang Indonesia yang berada pada posisi buncit dengan mencatat 3.513 langkah per hari.

Sebagai kado terindah untuk Kota Jakarta, ada baiknya kita berikan perubahan untuk wilayah dan juga diri kita sendiri. Karena, selain mengurangi kemacetan, berjalan kaki juga menyehatkan.

3. Aktif Berbagi Pada Sesama

Sebagai kota metropolitan nomor satu di Indonesia, Jakarta juga terkenal dengan masyarakatnya yang individualis. Makanya, jangan heran kalo di pinggiran gedung-gedung tinggi ada rumah-rumah kerdus untuk tempat berlindung para pemulung. Di belakang rumah mewah, ada gubuk derita sebagai tempat istirahat untuk orang-orang yang melarat.

Jika kita ingin adanya perubahan, yuk sama-sama berani melakukan aksi yang bermanfaat untuk sesama. Jangan malu untuk membantu, jangan ragu untuk menolong.

Dengan tiga kado sederhana itu, yakin deh Jakarta akan lebih baik lagi ke depannya.

Share: 3 Kado yang Cocok Diberikan Untuk HUT Jakarta yang ke-491