Budaya Pop

Ternyata Ini Rahasia Ide Kepala Ibu-ibu Dalam Rice Cooker di Iklan Ramayana

OlehRamadhan

featured image

Guys, udah pada nonton kan iklan kocak Ramayana yang viral di bulan puasa ini? Enggak tanggung-tanggung, iklan yang heboh karena kemunculan kepala ibu-ibu dari dalam rice cooker itu, saat ini masih bertengger di posisi 10 besar YouTube.

Bahkan, pada Senin, 21 Mei kemarin, video berdurasi 1 menit 5 detik itu sempat bertengger di peringkat 2 trending YouTube. Wah, ngeri ya efek kepala ibu-ibu di magic jar itu. Eh, magic jar apa rice cooker sih? Apa magic com?

Nah, karena video yang sudah ditonton sebanyak lebih dari 8 juta kali itu sudah heboh di seluruh penjuru sosial media dan semua kalangan netizen Indonesia, Asumsi akhirnya mengorek lebih jauh soal ide pembuatan iklan tersebut, terutama soal ide kepala ibu-ibu di dalam rice cooker. Asumsi kemudian berkunjung ke kantor Rekreasi, agensi kreatif yang terlibat dalam pembuatan iklan ini dan ngobrol-ngobrol sama personilnya soal ide dibalik iklan tersebut. Simak penjelasannya yuk!

Awal Kemunculan Ide Kepala Ibu-ibu di Rice Cooker

Ide kepala ibu-ibu masuk ke rice cooker sendiri sebenarnya bukanlah ide utama yang ada sejak awal pembuatan video iklan tersebut. Menurut Vellen Herlyana, salah satu tim kreatif Rekreasi yang terlibat di video iklan itu, justru ide itu muncul mendadak.

Vellen menjelaskan bahwa ide awal mereka yang terpenting adalah bahwa akan ada ibu-ibu kasidahan yang muncul dari tempat-tempat yang tak terduga sebelumnya. Lalu, ide itu pun langsung disampaikan ke sutradara, Dimas Djayadiningrat.

“Sebenarnya ide dasar kepala ibu-ibu di dalam rice cooker itu sebelumnya kita ingin ibu-ibu itu akan muncul dari tempat-tempat yang tak terduga, itu yang kita sampaikan ke Dimas Djay,” kata Vellen kepada Asumsi, di kantor Rekreasi, Kemang, Rabu, 23 Mei.

“Bahwa ibu-ibu yang muncul di tempat-tempat tak terduga itu enggak berinteraksi dengan si talent utamanya,” ujarnya.

Jadi memang, menurut Vellen,sejak awal belum ada ide kepala ibu-ibu masuk ke rice cooker. Hanya saja, Vellen dan tim kreatif mengusulkan soal ide ibu-ibu yang tiba-tiba nongol di berbagai tempat.

“Jadi kita tuh udah mikir bahwa ketika mudik, tiba-tiba ibu-ibu itu ada di atas angkot dan di atas lemari. Dimas Djay juga kepikiran bahwa oke ibu-ibu ini muncul di tempat-tempat tak terduga,” ucapnya.

Ide Kepala di Rice Cooker Muncul Mendadak

Barulah ide soal kepala ibu-ibu muncul di rice cooker itu muncul saat Dimas Djay survei lapangan. Secara tidak sengaja, tiba-tiba Dimas melihat ada rice cooker yang bertengger di lapangan tersebut dan ia langsung tertarik untuk memanfaatkan tempat memasak nasi itu sebagai bagian dari properti iklan.

“Jadi ceritanya itu, saat cek lapangan, dan tidak sengaja Dimas Djay melihat ada rice cooker dan dia langsung bilang ke tim kreatifnya yang nge-set ruangan,

“Oke gue mau ini”,” kata Vellen menirukan suara Dimas Djay.

“Dan Si Dimas bilang sama anak art “Pokoknya gue enggak mau tau, gue pengen ada kepala nongol dari sini (rice cooker)”. Begitu kira-kira,” ujarnya.

Salah satu scene ibu-ibu qasidahan dan seorang ibu yang kepalanya masuk ke dalam rice cooker di iklan ramayana di bulan puasa tahun ini. Foto: Rekreasi.

Lalu, keberadaan rice cooker itulah yang akhirnya dimaksimalkan. Menurut tim kreatif Rekreasi lainnya, Priskila Eirene, tim kreatif dan art di lapangan langsung membedel rice cooker itu dan memasang baterai sama lampu kecil di dalamnya.

“Jadi si Dimas udah lihat lokasi nih, dia udah ngatur bahwa ibu ini posisinya harus di sini, ibu itu harus di situ, dan yang lain di sini di sana. Nah, tiba-tiba di situ ada rice cooker ini, jadi emang rice cooker ini ditemukan tidak sengaja pas cek lapangan,” kata Priskila atau yang akrab disapa Kila itu menimpali Vellen kepada Asumsi.

Apakah Si Ibu-ibu Langsung Mau Masuk Rice Cooker?

Beruntungnya, Kila mengatakan bahwa mereka beruntung bisa bekerja sama dengan ibu-ibu kasidahan yang lucu dan kocak-kocak. Alhasil, si ibu yang diminta untuk masuk ke dalam rice cooker langsung mengiyakan untuk menjalankan tugasnya.

“Ibu-ibu yang ditunjuk untuk masuk ke rice cooker itu emang langsung mau. Dan hampir semuanya dari ibu-ibu qasidahan itu emang bocor sih, pas banget kita ketemu ibu-ibu hajjah yang kocak,” kata Kila seraya tertawa.

Lalu, Kila bercerita bahwa setelah iklan tersebut viral dan kepala si ibu di dalam rice cooker jadi heboh, sang anak pun muncul dengan bangganya.

“Setelah itu kan anaknya si ibu yang kepalanya nongol di rice cooker kan langsung komen, “Emak gue tuh”. Terus anaknya itu nge-DM Dimas Djay dan si Dimas nanya, oh kamu anaknya ibu yang kepalanya di rice cooker itu ya? Langsung dijawab iya.”

“Anaknya itu pasti bangga banget sih.”

Lalu, seperti kalian lihat videonya sekarang ini, aksi si ibu-ibu yang kepalanya masuk dengan nyaman di dalam rice cooker itu, langsung jadi scene andalan. Bahkan saat ini, kepala si ibu langsung disulap oleh insan netizen Indonesia yang super kreatif jadi berbagai meme.

Kalian bisa liat meme-meme kocak kepala si ibu di rice cooker itu di Twitter, pastinya, dan juga sudah banyak bertebaran di Instagram. Bahkan, sampai ada yang membuatkan paper craft dan sepertinya bakal segera diperjualbelikan tuh.

A post shared by Ganes noviandra (@ganeshandra) on May 22, 2018 at 4:24am PDT

Share: Ternyata Ini Rahasia Ide Kepala Ibu-ibu Dalam Rice Cooker di Iklan Ramayana