featured

Isu Terkini

6 Des 2017

Empat Alasan Kamu Gak Boleh Nyinyir sama Anggota DPR yang Suka Ngantuk pas Rapat

Winda Chairunisyah Suryani

Siapa diantara kita-kita yang lagi gak sabar nunggu kursi anti ngantuk benar-benar diadakan di DPR? Pengadaan kursi anti ngantuk ini disarankan oleh wakil presiden, Jusuf Kalla untuk para anggota DPR yang memang identik dengan kebiasaan mereka bobo-bobo cantik pas lagi rapat. Eits, tapi kenapa sih, kita kok sensi banget liat anggota DPR tidur pas kerja? mereka kan capek, abis ngurusin tugas negara!

Buat kalian yang belum tahu, tugas anggota DPR itu berat, lho. Selain harus jadi anggota partai politik yang baik, mereka juga punya PR seabrek, mulai dari menyusun anggaran, bikin Undang-Undang, rapat sama instansi terkait, sampai nerima perwakilan masyarakat yang suka demo di depan gedung DPR yang gak habis-habis itu. Nah, selain karena emang banyak kerjaan, apa lagi ya, alasan para anggota dewan yang suka ketiduran pas lagi rapat DPR? ini dia daftarnya!

Larangan menggangu jalannya rapat. Kalau di tata tertib sidang DPR, memang ada larangan untuk tidak mengganggu jalannya persidangan. Seperti di pasal 263 tentang tata cara permusyawaratan, bahwa rapat hanya boleh membicarakan pokok-pokok permasalahan. Oleh sebab itu, para anggota DPR tentu akan lebih memilih tidur dibanding mengganggu jalannya rapat. Selain mengurangi interupsi, tidur di saat rapat juga tidak terlalu bermasalah karena tak banyak media yang akan meliput selama sidang berlangsung.

Kursi empuk dan pendingin ruangan. Kota Jakarta yang penuh dengan kemacetan dan panasnya hawa dari kepulan berbagai asap membuat para anggota dewan pusing bukan kepalang. Maka dari itu, ruangan di gedung DPR dengan fasilitas pendingin ruangan dan kursi empuk beserta senderan di belakangnya membuat mereka yang sedang sidang akan mudah mencari posisi pewe buat bobo cantik. Seperti Roy Suryo yang ketauan tidur pas rapat paripurna membahas kenaikan BBM tahun 2012. Roy mengaku dirinya tidur saat skorsing rapat, dan ia menambahkan bahwa saat itu juga banyak anggota yang beristirahat dalam ruangan.

Penyakit. Seperti yang banyak orang tau, ketua DPR RI kita sering sekali terciduk sedang tidur, bukan hanya di dalam rapat, tapi di acara-acara formal lain, seperti saat prosesi pernikahan putri presiden sampai tidur di forum parlemen dunia. Usut punya usut, katanya memang "papa", panggilan akrab netizen untuk Setya Novanto ini memiliki beberapa komplikasi penyakit. Kalo kata Fahri Hamzah, Papa suka tidur karena ada gangguan di hidungnya. Tapi kalo kata Fredrich Yunadi, otak Papa mengalami gangguan makanya gampang ketiduran. Apapun penyakitnya, semoga cepet sembuh ya, pa!

Ya emang ngantuk mau gimana lagi, dong. Ngaku deh, sebagai manusia biasa yang bergelimang dosa, kalian juga pasti sering kan, ngantuk pas lagi kerja? apalagi kalo ruangan rapat kalian dingin dan tempat duduk kalian empuk banget karena dibeli pake duit negara, pasti rasa kantuk akan langsung menyerang! Nah kalo udah kayak gitu, jalan satu-satunya ya tidur aja barang sekejap-dua kejap, biar segeran dikit. Selama kerjaan beres dan atasan hepi, gak apa-apa toh, tidur bentar aja?

Share: Empat Alasan Kamu Gak Boleh Nyinyir sama Anggota DPR yang Suka Ngantuk pas Rapat